Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Paru Paru

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Paru Paru | Siapa yang tak kenal dengan rempah yang satu ini? Ya bawang putih memang sangat dekat sekali dalam kehidupan sehari hari. Rempah ini sering hadir dalam masakan para ibu rumah tangga. Tahukah anda? bawang putih mempunyai manfaat yang cukup besar untuk kesehatan paru paru. Bagi seorang perokok atau orang yang bekerja di lingkungan yang kurang baik untuk kesehatan paru paru, maka mengkonsumsi bawang putih menjadi hal yang wajib. [Baca : Obat Paru Paru Kering]

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Paru Paru

Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan Paru Paru

Mengkonsumsi bawang putih mentah dua kali dalam seminggu ternyata dapat mengurangi risiko terkena kanker paru paru dan menjaga kesehatan paru paru dengan baik. Hal ini diungkapkan oleh penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Cancer Prevention Research. Sebuah studi di China baru baru ini menemukan bahwa orang dewasa yang mengkonsumsi bawang putih secara teratur mempunyai 44 % lebih kecil kemungkinannya mengembangkan penyakit mematikan tersebut bahkan jika mereka seorang perokok sekalipun.

Penelitian yang dilakukan tepatnya di pusat pengendalian dan pencegahan penyakit di provinsi Jiangsu , dengan membangdingkan 1.424 pasien kanker paru paru dengan 4.500 orang dewasa yang sehat. Data dikumpulkan melalui wawancara langsung dengan peserta untuk menanyai diet atau kebiasaan gaya hidup mereka termasuk dalam hal konsumsi bawang putih dan apakah mereka merokok atau tidak.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa partisipan yang mengonsumsi bawang putih mentah secara teratur sebagai bagian dari diet mereka (dua kali atau lebih seminggu), memiliki 44% penurunan risiko kanker paru-paru.

Para penulis penelitian mengatakan: “Asosiasi pelindung antara asupan bawang putih mentah dan kanker paru-paru telah diamati dengan pola dosis-respons, menunjukkan bahwa bawang putih berpotensi¬† berfungsi sebagai agen kemopreventif kanker paru-paru.”

Kanker paru-paru adalah jenis yang paling umum kedua kanker baik pada pria maupun wanita. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), 205.974 orang Amerika didiagnosis dengan kanker paru-paru pada tahun 2009.

Jangka panjang merokok adalah penyebab paling umum dari kanker paru-paru, ditemukan untuk memperhitungkan 9 dari setiap 10 kasus penyakit.

Menariknya, ketika melihat secara khusus pada peserta yang merokok, peneliti menemukan bahwa makan bawang putih mentah masih mengalami penurunan risiko kanker paru-paru sekitar 30%. Para peneliti mengatakan bahwa hubungan antara bawang putih dan pencegahan kanker paru-paru menjamin lanjut investigasi yang mendalam. Penelitian sebelumnya juga telah menunjukkan bahwa konsumsi bawang putih mungkin memiliki sifat pencegahan terhadap bentuk bentuk tertentu dari kanker.

Sebuah studi dari Presbyterian Hospital New York dan Weill Cornell Medical Center menyarankan bahwa senyawa yang ditemukan dalam bawang putih, selenium, mungkin memiliki properti anti-kanker

Penelitian lain dari Medical University of South Carolina, menemukan bahwa senyawa organosulfur ditemukan dalam bawang putih dapat berperan dalam membunuh sel kanker otak.

Pengujian telah menemukan bawang putih mentah bahkan lebih kuat daripada penisilin dan tetrasiklin.

Ratusan penelitian mengkonfirmasi aktivitas antibiotik bawang putih spektrum luas terhadap daftar panjang mikroba, termasuk botulisme, TBC, diare, infeksi Candida, Staph, disentri dan tifus.

Seorang peneliti mengatakan: “Bawang putih memiliki spektrum luas zat antimikroba dari antibakteri, anti-jamur, anti parasit, anti-protozoa dan antivirus.”

Para peneliti juga menemukan bahwa ‘allicin’, senyawa yang ditemukan dalam bawang putih dapat membunuh bakteri yang memicu infeksi paru-paru yang mengancam jiwa. Terutama pada penderita¬† cystic fibrosis yang merupakan kelainan genetik yang sebagian besar mempengaruhi paru paru. Cystic fibrosis adalah suatu kondisi yang mempengaruhi sel sel yang memproduksi keringat, lendir dan cairan pencernaan lainnya. Sekresi biasanya cairan dan tipis tapi bagi mereka yang menderita cystic fibrosis, mereka tebal dan lengket. Dan blok lorong-lorong dan tabung, terutama di paru-paru.

Menurut profesor John Govan dari Universitas Edinburgh di Skotlandia, “Pada saat agen antimikroba baru yang sangat diperlukan, kimia dan mikrobiologi penelitian memiliki potensi untuk membuka reservoir kaya senyawa antimikroba hadir dalam tanaman seperti bawang putih.”

Itulah berbagai penelitian para ahli yang mengungkapkan segudang manfaat bawang putih untuk kesehatan paru paru. Semoga sagat bermanfaat untuk anda, pastikan jika anda seorang perokok atau penderita penyakit paru paru setelah membaca artikel ini, anda menjadi lebih sering mengkonsumsi bawang putih untuk mempercepat dan membantu proses penyembuhan penyakit anda.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *