Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Paru Paru

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Paru Paru | Kunyit telah digunakan sebagai rempah rempah sekaligus obat tradisional. Kunyit dikenal dengan senyawa kurkumin yang berkhasiat sebagai penyembuh alam yang paling kuat. Rempah berwarna kuning ini sering digunakan untuk mengobati penyakit ringan, hingga kanker bahkan Alzheimer. Nah, baru baru ini terungkap kembali manfaat kunyit untuk kesehatan paru paru . Bagi anda yang saat ini tengah mempunyai masalah kesehatan pada paru paru, maka kunyit menjadi obat obatan tradisional pertama yang wajib anda coba.

Apa Itu Kunyit?

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Paru Paru

Kunyit atau dalam bahasa latin disebut dengan curcuma longa adalah rempah berwarna kuning cerah, dan apa yang memberikan warna pada masakan kari. Kunyit juga merupakan obat tradisional yang merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam penyembuhan Cina dan India. Minyak kunyit telah menunjukkan aktivitas anti-inflamasi yang signifikan dalam berbagai model eksperimental. Pigmen kuning atau oranye dari kunyit, yang disebut curcumin, yang lebih kuat dari minyak, dan diyakini menjadi agen farmakologis utama dalam kunyit.

Sejumlah penelitian telah menunjukkan kurkumin untuk menjadi seperti ampuh melawan peradangan seperti hidrokortison, fenilbutazon, dan obat bebas NSAID seperti Motrin. Tidak seperti obat-obatan ini, yang semuanya berhubungan dengan efek toksik yang signifikan, kurkumin tidak menghasilkan toksisitas.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Paru Paru

Kondisi peradangan pada paru-paru mengkonstriksi saluran udara dan membuat individu tersebut sulit untuk bernapas. Hal ini sering berkaitan dengan respon berlebihan oleh sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan peradangan kronis dan kerusakan jaringan paru-paru oleh radikal bebas .
Banyak senyawa dalam kunyit memiliki anti-inflamasi dan antioksidan. Beberapa senyawa kunyit juga dapat membantu secara langsung mengatur sistem kekebalan tubuh. Penelitian menunjukkan bahwa mereka dapat membantu mencegah atau mengurangi gejala kondisi paru-paru. Penyakit ini termasuk:   

  • Asma .
  • Penyakit Paru Paru Basah Dan Kering
  • Gangguan paru obstruktif kronik ( PPOK ).
  • Emfisema disebabkan oleh kekurangan enzim inhibitor, asap rokok, dan nikotin.
  • Pneumonia atau infeksi akut lainnya seperti bronkitis di paru-paru.
  • Fibrosis paru-paru yang disebabkan oleh radiasi atau paraquat paru .
  • Radang selaput dada .
  • Cedera parah dari aritmia jantung atau obat kemoterapi (misalnya, amiodaron , bleomycin , siklofosfamid ).

Baca Rekomendasi TerbaikUntuk Paru Paru, “Cordyceps Plus Capsule” klik Obat Paru Paru

Selain itu, lebih dari 380 obat farmasi yang berbeda dapat menyebabkan cedera paru. Banyak dari cedera ini mengancam kehidupan karena mereka dapat menyebabkan efek samping untuk terkena fibrosis paru. Kebanyakan orang yang mengembangkan fibrosis paru-paru hanya hidup 3-6 tahun setelah timbulnya gejala.

Masalah Pengobatan Konvensional

Sayangnya, pengobatan konvensional yang efektif untuk kondisi paru-paru, tidak memuaskan. Beberapa, seperti siklofosfamid kemoterapi digunakan untuk mengobati scleroderma, sebenarnya dapat menyebabkan tambahan risiko fibrosis paru. Siklofosfamid-diinduksi fibrosis paru memiliki tingkat kematian 50%.

Baca juga : Obat Fibrosis Paru Alami

Perawatan konvensional lainnya biasanya anti-inflamasi kortikosteroid dan imunosupresan seperti prednisone. Ini biasanya menghasilkan manfaat pengobatan marginal dan datang dengan set mereka sendiri dan memiliki potensi efek samping yang merugikan .

Peran Kunyit Untuk Kesehatan Paru Paru

Kunyit dan senyawa kurkumin yang aman, memiliki efek anti-inflamasi yang kuat. Studi ini menunjukkan senyawa kunyit tidak mengganggu aktivitas pengobatan antibakteri dan obat konvensional lain untuk kondisi paru-paru.

Bahkan, peneliti menyarankan senyawa kurkumin kunyit ini benar-benar bisa membantu menggantikan  obat yang berpotensi beracun dengan kunyit agar lebih aman dan lebih efektif. Curcumin menekan protein pro-inflamasi , membantu memuaskan radikal bebas , dan meningkatkan kadar antioksidan alami. Dalam penelitian hewan, kurkumin membantu mencegah cedera paru-paru lebih lanjut dari obat konvensional.

Pada tahun 2007 Journal of Experimental Medicine dan peneliti Biologi melaporkan bahwa obat yang ada belum terbukti efektif dalam pengobatan kondisi paru-paru yang disebabkan dari eksposur pekerjaan dan lingkungan untuk debu mineral, polusi udara, asap rokok, kemoterapi, radioterapi merupakan penyebab lain dari penyakit radang paru-paru akut dan kronis.

Molekul Gizi dan Penelitian Makanan, Maret 2008, melaporkan bahwa kortikosteroid telah menjadi salah satu mode utama dari terapi terhadap berbagai penyakit pernapasan kronis seperti asma dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK). Namun, kortikosteroid ini telah gagal untuk menjadi efektif terhadap kondisi penyakit ini karena mereka tidak mengurangi efek oksidasi.

Baca juga : Obat Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)

Para peneliti melaporkan bahwa polifenol yang terjadi secara alami di kurkumin menawarkan pengobatan alternatif yang lebih aman. Kurkumin dapat langsung mengikat radikal bebas seperti anion superoksida dan oksida nitrat, dan memodulasi jalur sinyal yang penting. Polifenol ini juga mengatur penurunan ekspresi mediator pro-inflamasi, dan mengatur peningkatan ekspresi gen yang diinginkan di paru-paru. Para peneliti menyimpulkan bahwa kurkumin adalah agen terapi yang potensial terhadap penyakit paru-paru kronis.

Cara Menggunakan Kunyit

Kunyit kering tersedia secara luas, tapi sumber terbaik mungkin berada di toko rempah-rempah lokal atau pasar etnis. Coba pilih kunyit yang tumbuh organik karena kunyit tersebut belum diiradiasi. Warna bukanlah kriteria yang menentukan kualitas. Kunyit harus disimpan dalam wadah tertutup rapat di tempat yang dingin, gelap, dan tempat yang kering.

Jika Anda tidak memasukan kunyit ke masakan Anda, Anda dapat dengan mudah mencampur kunyit menjadi beras. Atau Anda juga bisa menggunakan kunyit sebagai tambahan lezat untuk salad telur sekaligus mencerahkan warna.

Jika Anda ingin mengambil cara yang lebih mudah, Anda dapat membeli Kunyit dalam bentuk kapsul, meskipun ini adalah cara yang mahal untuk melakukannya. Biasanya hanya tersedia ekstrak kapsul kunyit yang bebas dari magnesium stearat. Meskipun petunjuk mengatakan 1 kapsul hingga 3 kali per hari, banyak penyembuh alami merekomendasikan 3 kapsul hingga 3 kali sehari ketika Anda mulai, dan kemudian mengurangi jumlahnya saat sakit paru paru Anda menurun.

Manfaat Kunyit Untuk Kesehatan Paru Paru

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *